Sunday, 22 September 2013

Lulur Mandi yang Praktis ;)

   Ehm... Aku mau cerita seidikit tentang “Tips Mandi menyegarkan”. Liburan kemarin aku dapat tips mandi “baru” dari ponakanku, kesan pertama ngeliat dia, jujur aku takjub. Gimana nggak, kulitnya mulus banget! :o

   Ternyata asal punya asal, dia selalu ngerawat kulitnya dengan mandi plus luluran!
Yup aku tau kalo luluran itu ribet dan orang biasanya pergi ke salon untuk luluran dan harus ngerogoh kocek 60.000 sampai 80.000 rupiah. Nah, ponakan aku ini ngasi tips luluran sendiri yang praktis, murah dan bisa dilakukan  2x/minggu :)


   Mungkin banyak orang uda pada tau resep ini, tapi buat aku ini adalah hal yg pertama dan menakjubkan, haha.. Gimana pun perawatan kulit itu pentingkan? Ini dia “resepnya” :)

   Kamu cukup campurkan tiga bahan, yg pertama yaitu Body Scrub yg banyak dijual di supermarket dengan berbagai merk. Body Scrub ini mengandung butiran kasar yg digunakan dengan dioleskan ke permukaan kulit dengan cara digosok. Tujuannya untuk mengelupaskan kulit ari bagian terluar/kulit mati. Hasilnya kulit akan terlihat lebih cerah karena kulit mati yg menutupi permukaan kulit terangkat. Nah lulur ini ada banyak jenisnya, ada Body Scrub Green Tea, Body Scrub Bengkoang, Susu, Melati, Coklat, dll, pilihlah sesuai dengan khasiat yg kamu mau. Kalo aku sih suka yg Green Tea, karena mengandung zat anti oksidan yg membantu regenerasi kulit plus kaya akan vitamin E yg bagus untuk kulit :D

   Bahan yg kedua adalah campurkan dengan bubuk lulur badan yg juga bisa kamu beli di toko alat-alat kosmetik. Bubuk lulur ini biasanya gak dijual di supermarket. Bubuk lulur ini merupakan bubuk lulur tradisional yang terbuat dari bahan-bahan alami seperti kunyit, rempah, dll.



   Nah yg terakhir, Body Scrub+bubuk lulur dilarutkan dengan susu. Sebenarnya sih ada jenis susu yg memang khusus untuk susu lulur, susunya berbentuk bentuk bubuk dalam karung kecil. Berhubung aku belum sempat nyari, jadi aku substitusi dengan susu cair steril :p  Seperti yg kita tahu kalau susu itu banyak manfaatnya untuk keremajaan kulit.
   Dan........ Voila!! Perawatan lulur pun siap digunakan! :D

 Nah cara menggunakannya adalah bisa dengan mandi terlebih dahulu dengan sabun antiseptik atau bisa juga dengan dalam keadaan kulit kering. Aku selalu melakukannya dengan cara yg kedua. Jadi kulit jangan dibasuh dan langsung dioleskan lulur dalam keadaan kering. Kemudian lulur tersebut dibalurkan secara merata ke seluruh bagian kulit, bahkan di daerah lipatan-lipatan, seperti leher belakang, ketiak, lipatan lengan, lipatan paha dan lipatan belakang lutut, juga di daerah kaki yang paling sering terkena debu-debu dan kotoran lain. Gosok-gosokkan lulur tersebut secara perlahan sambil dipijat-pijat ringan untuk melancarkan peredaran darah. Dan untuk daerah yang dirasa sangat kasar seperti tumit kaki, kamu bisa menggunakan bantuan batu gosok atau bisa juga manfaatkan alat-alat pedicure jika kamu punya.

   Setelah kamu membalurkannya ke seluruh tubuh, bilas tubuh kamu dengan air, kemudian langsung mandi dengan sabun seperti biasa, dan rasakan bedanya :D

Berikut adalah beberapa manfaat lulur bagi kulit:
1.    Mencerahkan kulit tubuh, karena salah satu manfaat lulur adalah mengangkat sel kulit mati yg biasa desebut dengan “daki”, sehingga kulit akan terlihat lebih cerah dan bersih.
2.  Mengencangkan kulit, kandungan protein dan kolagen alami dalam bahan-bahan lulur dapat meningkatkan elastisitas dan melindungi kulit dari pengaruh buruk radiasi di luar.
3.        Menghilangkan penyakit kulit, bahan-bahan lulur yg terdiri dari rempah-rempah memiliki khasiat untuk menghilangkan berbagai macam penyakit kulit, terutama yang mengandung jenis bahan seperti daun sirih dan kunyit.
4.     Menghilangkan bau badan, kamu dapat mengatasi bau badan dengan membalurkan lulur di daerah sekitar ketiak, payudara, paha dan selangkangan. Hal tersebut dapat membantu mengurangi produksi keringat dan menghilangkan aroma tidak sedap pada tubuh kamu. Pilih jenis lulur yang mengandung daun sirih atau daun pandan untuk menghilangkan bau badan.
5.        Memberikan efek rileks, zat yg terkandung dalam lulur dapat meresap ke dalam kulit dan memberikan sensasi pijatan ringan bagi badan kamu yang pegal-pegal. Selain itu aroma rempah dapat menenangkan pikiran kamu. Untuk mendapatkan efek relaksasi, kamu bisa memilih lulur yg mengandung bunga-bungaan atau rempah yg mengeluarkan zat aroma terapi untuk relaksasi.

   Terakhir sebagai tips, perawatan lulur dan body scrub sebaiknya dilakukan maksimal dua kali seminggu. Sebab, kalau terlalu sering kulit kita digosok, dan bila sudah tidak ada kulit mati yg terkelupas tapi masih terus digosok, akan mengakibatkan iritasi. Perlu diingat, manusia normalnya berganti kulit setiap 28 hari. Dengan mandi sehari dua kali, sudah cukup bersih. Namun bila mau lebih bersih, tambah dengan lulur atau body scrub dua kali seminggu :)