Friday 12 August 2016

Malaysia,,,,well designed ;)

Banyak orang yg mungkin ingin travelling tapi bermasalah di dana dan waktu. And the second reason is the most happened. Demi menggugurkan alasan kedua, aku nekat membeli tiket bbrp bulan sebelum keberangkatan (cocokkan dgn tanggal merah di kalender) yg secara gak langsung membuat aku terpaksa harus menabung uang utk mewujudkannya, voila! Liburan pun dilaksanakan :D

Mgkn benar  tentang bbrp pendapat org bhwa liburan ke luar negeri lebih aman, murah, n keren pastinya, so aku pun memantapkan destinasi ke Malaysia!

Do not underestimate before guys! Malaysia is so much better than go nowhere :p

Selain tiketnya yg murah, mata uang yg masih ”memampukan” dompet, dan tentunya gak akan nyesal melihat negeri tetangga kita yg ternyata jauh maju dari kita, terutama dlm segi transportasi menurutku :D

Hal pertama yg perlu dilakukan adlh menukarkan mata uang, saat aku pergi (Maret 2016), 1 ringgit = 3200 rupiah, tapi kalo kamu beli di money changer harganya bisa jadi 3400 atau 3500 rupiah per ringgit. Saran aku, kalo ada niat ke Malaysia (ataupun negara lainnya), pantau dulu harga mata uang dua minggu terakhir utk tau fluktuasi nya n then grab it fast when u found that its cheaper ;)

Wkt itu aku pergi 4 hari 3 malam dan membawa uang 550 ringgit (dan ternyata jml ini cukup byk, 400 ringgit pn cukup), biaya itu diluar hotel. Utk hotel, aku sarankan carilah yg dekat dgn KL sentral, yaitu tempat pusat segala train, monorail, bus (kamu bisa ke destinasi mana aja dari sini).

Wkt itu aku menginap di hotel New Winner yg kualitasnya lumayan bagus n cocok dgn harganya yg murah pula (sekitar Rp 220rb/malam) dan lokasinya yg hanya 5 menit jln kaki ke KL sentral.

Hari pertama setelah mendarat di KLIA 2, aku lgsg naik bus menuju KL sentral dgn cost 11 rm (kalo naik train express ke KL sentral sekitar 30 menit dgn cost 60rm), kemudian dgn perjalanan 1 jam, tibalah aku di KL sentral dan dgn bermodalkan google map langsung beringsut ke hotel dan check in. Tanpa pake lama, lgsg menuju destinasi pertama yaitu istana Negara :D

Utk menuju ke lokasi ini, tidak ada train ataupun bus, jd harus naik taxi dgn cost 10rm. Sampai disana ternyata sudah tutup T_T (bukanya dari pagi smpe jam 5 sore).

Kemudian aku terpaksa pulang lagi ke KL sentral naik taxi dan lgsg menuju dataran merdeka. Di lokasi ini cukup nikmati dgn jalan kaki saja, krn kita akan disuguhi dgn pemandangan yg menenangkan di tengah hiruk pikuk kota dan berseliweran bareng wisatawan asing lainnya. Oh ya di KL, jalur utk pedestrian disediakan khusus jd jalan kaki pun tetap asik /'o'/

Setelah lelah berjalan-jalan, aku masih penasaran dgn Twin Tower, walhasil aku jalan kaki ke Twin Tower yang lokasiny berdekatan dgn KL tower (pdhl utk kesini bisa dgn naik bus, tp krn tdk tau jadinya kaki pun harus diajak kerja sama :D)
Jalan menuju KL Tower sangat indah dengan jalan setapak yg agak mendaki. Kebetulan saat itu hari sedang hujan, menambah segar pemandangan mata.

Selesai dari KL Tower, perjalanan pun dilanjutkan ke Twin Tower yg tdk jauh dari KL Tower, walaupun kaki terasa pegal, tapi gak nyesal deh jalan kaki dan menikmati crowded nya kota KL. Dan....gak asyik rasanya ke Malaysia kalo gak selfie di twin tower! :D

Hari kedua aku bersiap2 ke Batu Caves, katanya gak sah melancong ke Malaysia kalo gak singgah ke tempat ini. Dari KL sentral ke Batu caves bisa ditempuh dgn train seharga 4-5rm. Selesai dari sana akupun tdk menunggu lama utk lgsg tancap gas ke Genting Highland :D

Utk ke Genting highland, kita harus naik bus dgn cost 5-6 rm, setelah menempuh jarak kurang lebih 1 jam, tibalah aku di Genting highland n siap2 naik gondola atau kereta gantung utk menuju puncak genting highland dgn cost 6rm. Sepertinya Genting highland ini adlh tempat yg menghubungkan antara 1 bukit ke bukit lainnya yg ditempuh dgn kereta gantung dimana dipuncaknya kita akan berhenti di mall,,hm,,tdk begitu menarik sih selain naik gondolanya aja yg seru :D

Di terminal bawah sebelum naik gondola, aku juga sempatin foto dgn Transformer n Bus merah unik yang ada disana :p

Pulang dari genting highland aku langsung menuju petailing street yg kebetulan dekat dgn tempat hotel aku nginap, aku pun berjalan kaki kesana dan sempat singgah di market sentral Malaysia, Petailing street ini tepatnya adalah tempat berjualan segala macam oleh2 buat wisatawan. Harganya juga standar, misal utk sebungkus coklat kamu cukup merogoh kocek 45-70 rm, utk kaos 10 rm, sandal 10-15 rm, tas sandang khas Thailand seharga 10-20 rm, jadi tinggal sesuaikan dgn dompet :D

Sepulang dari sana, masih dgn berjalan kaki sambil menikmati kota KL, aku berhenti di sebuah toko yg menjual teh herbal cina. Dgn penampakan toko yg cukup unik, menurutku hanya org2 tertentu lah yg bisa terpanggil utk mampir ke toko ini (etsseeh.. :p). Terletak di antara bbrp toko lainnya, toko ini ntah knp memberikan suasana yg beda. Mampir sebentar di toko itu, aku disuguhi bbrp jenis teh (Green tea dan Urong tea).

Setelah bercakap2 dgn pemilik toko yg ramah, akupun mengeluarkan dompet utk membayar, dan ternyata ssuguhan 8 cangkir teh tersebut Free..! Yap, dianggap sbg tester,, walhasil aku pn membeli bbrp bungkus teh dgn cost 2-4 rm karena uda gak enak hati :p Lumayan buat oleh2, haha..

Malam sudah sgt larut, akhirnya aku pn pulang dgn train..

The last day, aku bersiap2 utk destinasi hari terakhir, Malaka! Mgkn tdk byk yg berpikir utk mengunjungi Malaka, berhubung lokasinya yg lumayan jauh dan memakan wkt seharian. Perjalanan pun ditempuh dgn 2x naik train menuju TBS (Terminal Bersepadu Selatan), sesampai disana sambung lagi dgn bus cost 11rm dan menempuh perjalan 2 jam melewati jalan tol ke Malaka Sentral.
Setiba di Malaka, lokasi wisata yg byk dikunjungi dikenal dgn Stadthuys atau City hall atau Bangunan Merah. Disini kita akan dibawa ke jaman kolonial Belanda dgn gaya arsitektur bangunan yg indah dan serba merah :D

Nah, utk ke lokasi tersebut kamu harus menempuh jarak 20 menit  naik bus Panorama 17 dgn cost 1,50 rm dari terminal kecil Malaka Sentral di kota Malaka.

Di tengah2 kota terdapat sungai yang mana dgn 15-20 rm  kita bisa menyewa boat untuk diajak berkeliling menikmati keindahan Malaka.

Selama berkeliling dengan boat, pemandu akan menceritakan detail sejarah kota Malaka sembari menyuguhi pemandangan kota Malaka, aku takjub melihat dinding-dinding bangunan maupun rumah disana yg penuh dgn grafiti (o,0)

Setelah menikmati keindahan Malaka, aku pun pulang dgn harus menunggu bus Panorama 17 lagi yg menuju terminal Malaka Sentral, ternyata perjalanan bus ini ke Malaka sentral cukup lama, mgkn skitar 1 jam! Walhasil aku terlambat membeli tiket bus utk kembali ke Kuala Lumpur (bus sore terakhir yg berangkat pukul 5 sore), akhirnya aku dpt tiket pukul 19.30 wkt setempat. Setelah bus sampai di Terminal Bersepadu Selatan, aku pun pulang dgn menyambung dua train lagi dan akhirnya tiba di KL sentral, kemudian pulang ke hotel dan tertidur pulas (-_-)"

Besoknya hari keempat di Malaysia, tiket pesawat pulang ke Indonesia pukul 5 sore, jadi aku sempatkan mengunjungi Masjid Negara Malaysia yg megah, dgn akomoda train, aku menikmati indahnya Masjid Negara as the last destination in Malaysia.

And finally the time goes fast,, tibalah saatnya pulang :(

Malaysia sungguh meninggalkan kesan yg dalam buat seseorg yg belum prnah ke LN seperti aku :D

Malaysia is nice, makes me feel addicted, n the city is well designed (>.<)

Tips utk traveller:
--> Jangan lupa utk selalu membawa passport kemana pun kamu pergi, krn di beberapa terminal/stasiun, petugas tiket akan meminta kamu utk menunjukkan passport (foto atau fotocopi passport utk berjaga2 jika passport hilang jd ada bukti)
--> Selain mengantongi uang asing, siapkan juga sejumlah uang rupiah di ATM (bbrp ATM available di malaysia, seperti BNI)
--> Jgn bawa terlalu byk barang, sisakan space utk barang oleh-oleh, krn kamu pasti g tahan utk g beli oleh-oleh :p
--> Utk hotel, booking lah dari jauh hari agar dpt promo dan pastikan hotel yg kamu cari itu dekat dgn KL sentral utk memudahkan kamu kemana pun kamu mau bepergian.
(KL sentral itu pusat seluruh transportasi di KL)