Monday 27 November 2017

Panduan Penggunaan Portal Akademik USU

GAMBARAN UMUM PORTAL

Portal akademik merupakan sebuah sistem informasi yang berfungsi sebagai integrator informasi akademik pada semua program studi di universitas. Aplikasi ini mendukung perubahan kurikulum akademik, fleksibilitas pengelolaan pengisian Kartu Rencana Studi (KRS) Online dan informasi tentang hasil studi mahasiswa serta registrasi pembayaran kuliah. Portal akadmeik ini dapat diakses dimanapun mahasiswa berada dengan konektivitas jaringan yang mumpuni.

       Portal Akademik Universitas Sumatera Utara juga memberikan kemudahan bagi mahasiswa untuk mengakses dengan berbagai teknologi dan layanan, dimana pengguna Portal Akademika USU ini terdiri dari 3 jenis, yaitu:
1.      Administrator
2.      Mahasiswa
3.      Dosen

Adapun tujuan dari Portal Akademik Universitas Sumatera Utara adalah sebagai panduan bagi Mahasiswa dan merupakan suatu fasilitas yang berfungsi untuk membantu mahasiswa
dalam melakukan aktivitas dan/ atau transaksi yang berhubungan dengan akademik seperti
melihat matakuliah ditawarkan, mengakses hasil studi, memasukkan rencana studi dan
melihat transkip akhir.




TATA CARA PENGGUNAAN KONTEN

Untuk penggunaan Portal Akademik Universitas Sumatera Utara terdapat beberapa langkah-langkah yang perlu dilakukan, yaitu:
1.      Login
Sebelum memasuki Halaman Utama Portal Akademik USU, mahasiswa harus login dulu ke dalam sistem dengan cara memasukkan username dan password.

Tampilan halaman login tampak seperti gambar di bawah ini:


Username adalah Nomor Induk Mahasiswa (NIM), dan password untuk masuk ke sistem dapat Anda peroleh di bagian pendidikan di unit masing-masing.

2.      Halaman Depan
Setelah proses login berhasil, maka akan tampil halaman depan dari portal akademik USU, seperti tampak pada gambar di bawah ini:



3.      Profil
Menu Profil berisi profil (biodata) dari mahasiswa yang bersangkutan. Pilih menu Profil,

maka akan tampil halaman Profil Mahasiswa seperti tampak pada gambar di bawah ini:


Seperti terlampir pada contoh di atas, pada laman profil tercetak nama mahasiswa dan asal program studi. Pada halaman profil dapat dilihat informasi biodata mahasiswa yang bersangkutan.

4.      Registrasi
Menu registrasi merupakan salah satu menu yang ada di portal akademik USU yang
menyediakan fasilitas pendaftaran mahasiswa setiap semester agar status mahasiswa tersebut tetap aktif. Registrasi perkuliahan pada laman ini dapat diaskes secara otomatis oleh mahasiswa jika mahasiswa bersangkutan telah menyelesaikan pembayaran perkuliahan.




5.      Informasi Mata Kuliah Ditawarkan
Menu informasi mata kuliah ditawarkan merupakan salah satu menu di Portal Akademik

USU yang menampilkan daftar mata kuliah yang diselenggarakan untuk semester aktif pada fakultas yang bersangkutan.
Untuk masuk ke pilihan menu ini, mahasiswa dapat memilih pada menu bar yang disediakan di samping kanan laman portal seperti gambar berikut:




Setelah klik menu Informasi Mata Kuliah Ditawarkan, kemudian akan muncul laman yang akan menampilkan mata kuliah yang tersedia pada beberapa semester yang nantinya akan dipilih untuk pemilihan mata kuliah yang disesuaikan dengan semester  yang akan dijalani seperti tercantum pada gambar berikut:





Selanjutnya mahasiswa masuk ke laman pengelolaan KRS untuk mengambil mata kuliah yang ditawarkan.

6.      Halaman Pengelolaan KRS

Menu pengelolaan KRS merupakan menu yang dapat digunakan untuk mengelola kartu rencana studi mahasiswa seperti menambahkan data rencana studi, menghapus data rencana studi dan mencetak kartu rencana studi.






Menambah Data Rencana Studi
Langkah-langkah untuk menambah data rencana studi adalah sebagai berikut:
1. Pilih menu pengelolaan KRS
2. Tekan tombol ambil matakuliah.
3. Pilih matakuliah yang akan diambil pada semester bersangkutan dengan cara memberikan tanda centang pada checkbox yang tersedia pada kolom Kelas/Matakuliah dan tekan tombol Tambah.

Menghapus Data Rencana Studi
Langkah-langkah untuk menghapus data rencana studi adalah sebagai beriku :
1. Pilih menu pengaturan KRS.
2. Pada halaman Kartu Rencana Studi, pilih data rencana studi yang akan dihapus dengan cara memberikan tanda centang pada checkbox yang terdapat pada
kolom Kode.
3  Tekan tombol Hapus.     
                                
Mencetak Kartu Rencana Studi
Langkah-langkah untuk mencetak kartu rencana studi adalah sebagai berikut:
1. Pilih menu pengelolaan KRS.
2. Pada halaman pengelolaan KRS, tekan tombol Print.

3. Tekan tombol OK/Print.







7.      Informasi Hasil Studi
         Menu Kartu Hasil Studi merupakan menu yang dapat digunakan untuk melihat hasil studi
mahasiswa per semester.
Langkah-langkah untuk melihat informasi hasil studi adalah sebagai berikut :
1. Pilih menu Informasi Hasil Studi.
2. Pilih semester yang akan dilihat dan tekan tombol Lihat.

3. Akan tampil halaman Informasi Hasil Studi seperti tampak pada gambar di bawah ini





8.   Transkrip Nilai
Menu Transkrip Nilai merupakan menu yang dapat digunakan untuk melihat transkrip nilai mahasiswa. Pada laman ini mahasiswa dapat mengakses nilai indeks prestasi kumulatif dari semester keseluruhan.

9.   Logout
Untuk keluar dari sistem, silahkan klik link Logout yang terletak di bagian atas, bersebelahan dengan link halaman depan.





Portal merupakan salah satu jenis sistem informasi yang terintegrasi yang digunakan untuk mempermudah akses informasi bagi mahasiswa di kalangan civitas akademika. Penggunaan portal juga memiliki sistem proteksi dimana mahasiswa hanya dapat mengakses portal akademik miliknya sendiri dengan menggunakan username dan password. Dengan adanya portal akademik diharapkan dapat mempermudah sistem pembelajaran di kampus.




No comments:

Post a Comment