Monday 15 October 2018

Berobat di Penang – Kota Wisata Kesehatan


   



  Kalo tiap kota terkenal dengan keunikan tempat atau keindahan lokasi wisatanya sehingga menjadi magnet tersendiri bagi pelancong baik turis manca negara maupun domestik, maka lain halnya dengan Pulau Pinang di Malaysia.

   Pulau Pinang atau lebih dikenal dengan sebutan Penang ini justru terkenal dengan wisata medisnya, yang banyak menjadi tujuan pendatang untuk berobat terutama di beberapa negara tetangganya seperti Indonesia, Thailand, Filipina, dan lainnya.

Memilih Rumah Sakit di Penang

   Untuk tips berobat ke Malaysia sendiri, sebaiknya sebelum memutuskan rumah sakit mana yang mau dikunjungi, pasien mencari terlebih dahulu bidang apa kelebihan rumah sakit tujuannya. Misal, untuk penyakit jantung lebih bagus memilih RS Adventist karena rumah sakit ini sendiri “expert” di bidang jantung, untuk kandungan yang terkenal adalah RS Lam Wah Ee yang jago di bidang bayi tabung dan masalah kandungan lainnya, atau RS Mount Miriam Cancer yang “expert” di bagian kanker.

    Memang hampir semua rumah sakit mempunyai spesialis di semua bidang penyakit, tapi tiap-tiap rumah sakit tentu punya “expert” yang lebih ditonjolkannya :)

Biaya Pengobatan

   Untuk perbandingan pelayanan di Penang (yang kebetulan waktu itu aku membawa orang tua perempuanku berobat di Lam Wah Ee Hospital), tidak ada beda antara RS swasta maupun pemerintah di Penang, karena Alhamdulillah semuanya bagus dengan pelayanan yang prima.

   Untuk terkhusus “dana” pengobatan yang dikeluarkan, RS Lam Wah Ee sendiri mempunyai biaya yang standar, contoh untuk biaya scan whole abdomen (scan perut atas dan bawah) dikenakan cas sekitar 1400 ringgit (4,9 jt dengan taksiran 1 ringgit=3500 rupiah), dan biaya scan di Indonesia sendiri kisaran 1,5 - 2 jt (ini tarif prediksi, hehe).

     Biaya konsultasi dokternya sendiri tergolong murah menurut saya, yaitu 10 ringgit untuk biaya resgistrasi bagi pasien yang pertama kali berobat dan 75 ringgit untuk biaya pertama kali konsultasi dengan dokter. Untuk biaya resgistrasi di selanjutnya adalah 5 ringgit dan biaya konsultasi dengan dokter selanjutnya adalah 53 ringgit (untuk kesemua biayanya jika ingin tau nilainya dalam rupiah, dikalikan sendiri aja dengan nilai 3500 rupiah ya).

       Nah, RS disana memang sangat mengedepankan pelayanan, mulai dari pintu registrasi kita sudah dibantu dengan berbagai kemudahan. Bahkan mereka juga menyediakan Money Changer di rumah sakitnya sehingga setiap pasien dari berbagai negara tidak perlu repot-repot lagi menukar uangnya, dan mata uang yang dijual pun dengan harga yang relatif murah. Jadi, saran saya sih bagus bawa uang cash rupiah dari Indonesia saja ya.. Kalo di ATM agak mahal rate harga ringgitnya dan belum lagi nanti kena cas biaya penarikan duit sekitar 20rb/penarikan :p

    Oia juga jangan lupa untuk beberapa bank ada limit penarikan ya, contoh seperti MayBank limit penarikan 2700 ringgit/hari.

Tempat Penginapan

     Di Lam Wah Ee Hospital, penjaga pasien hanya dibenarkan untuk satu orang saja dan orang tersebut harus perempuan. Meskipun pasiennya laki-laki atau perempuan, orang yang menjaga pasien tetap hanya boleh perempuan. Jika tidak maka pasien harus sendirian di kamar rawat inap (tentu bersama perawat yang bersedia di “bell” selama 24 jam ya, hehe..)

    Bagi kamu yang laki-laki, sila mencari hotel atau penginapan di sekitaran RS yang tergolong murah. Well, di dekat rumah sakit (10 menit berjalan kaki) terdapat penginapan sejenis apartemen murah (sekitar 40-50 ringgit per malamnya) dan untuk info penginapan ini saya mendapatkannya dari selebaran yang dibagi di gerbang RS, jadi saya tidak tau persis infonya ya, hehe..

    Saya sendiri saat itu menginap di hotel di depan RS (3 menit berjalan kaki) dengan harga 59 ringgit/malam dan akan lebih murah lagi kalo kamu nge-booking nya via agoda.com
Well,, itu aja dulu info seputar biaya pengobatan di Penang dengan pembanding harga di satu rumah sakit ya, kurang afdol sih, hehe..

Next topic we will discuss about lokasi wisata dan kuliner di kota Penang ini ya, see u very soon :D

No comments:

Post a Comment